Kehebatan Sekolah - Sekolah di Jepang!

Negeri Sakura. Itu lah julukan dari negeri super disiplin ini. Tahukah kamu kenapa orang - orang Jepang sangatlah disiplin? Tentunya itu tak akan lepas dari pendidikan semasa sekolahnya. Yuk kita simak dibawah ini keunggulan sekolah - sekolah di Jepang yang mungkin bisa membuat siswa - siswi di Indonesia iri !

1. Mulai dari seragamnya yang sangat rapi 


Di Jepang, seragam siswa dan siswi nya selalu identik dengan jas. Yang unik adalah semasa SMP di Jepang, jas yang digunakan oleh siswa-nya seperti jas militer sedangkan siswinya menggunakan syal layaknya pelaut gan! Beda hal-nya dengan Indonesia, SD menggunakan seragam Merah-Putih (Melambangkan Keberanian), SMP menggunakan seragam Biru-Putih (Melambangkan percaya diri) dan SMA menggunakan seragam Abu-Putih (Melambangkan dewasa).

2. Penggunaan Transportasi


Di Jepang, siswa dilarang keras membawa kendara bermotor jenis apapun. Sebagian besar siswa dan siswi jepang lebih banyak menggunakan sepeda atau angkutan umum. Berbeda halnya dengan Indonesia, banyak pelajarnya yang menggunakan kendaraan bermotor kesekolah-nya. Apalagi banyak sekali pelajar Indonesia dengan bangganya membawa motor "Besar" kesekolah-nya. Padahal itu hasil kerja keras orang tuanya. Ya gak gan/sist?

3. Jam Masuk


Untuk soal jam masuk sekolah, sebenarnya jam sekolah di Jepang tidak terlalu berbeda jauh yang ada di Indonesia. Yaitu dari pukul 8 pagi hingga 3 sore. Biasanya bagi siswa/siswi di Jepang yang terlambat akan disuruh untuk membuat surat pernyataan agar tidak terlambat lagi. Apabila siswa/siswi tersebut masih terlambat untuk yang kedua kalinya, maka siswa/siswi tersebut biasanya akan di-skors sampai waktu yang telah ditetapkan oleh sekolah.

4. Periode sekolah / semester


Di Jepang, mereka menggunakan CAWU (Three Terms) sebagai pembagian semesternya. CAWU I dari April – Juli, CAWU II September- Desember, dan CAWU III dari bulan Januari hingga Maret. Berbeda halnya dengan Indonesia yang menggunakan sistem 2 Semester.

5. Periode Libur 


Periode libur di Jepang di bagi menjadi 3. Yaitu Libur Musim Panas 夏休み(natsu-yasumi), Libur Musim Dingin 冬休み (fuyu-yasumi), dan Libur Musim Semi 春休み(haru-yasumi).

1. Libur musim panas dilangsungkan tepat setelah semester 1 berakhir, pada pertengahan Juli hingga akhir Agustus.Nah, periode natsuyasumi ini sangat panjang (sekitar 6 minggu) dan biasanya sekolah memberikan 1 buku PR libur musim panas agar para murid tetap belajar selama musim panas.

2. Liburan musim dingin, liburan yang satu ini mungkin bisa disebut juga libur tahun baru, dari akhir Desember hingga awal Januari. Libur yang satu ini panjangnya kurang dari 2 minggu, tapi dianggap penting karena tahun baru adalah event yang sangat penting bagi Orang Jepang.

3. Libur musim semi, libur ini merupakan libur terakhir diadakan di akhir Maret hingga awal April. Biasanya panjangnya kurang dari 2 minggu. Inilah liburan untuk menandakan 1 tahun ajaran telah berakhir.

6. Kurikulum di Jepang


Di Jepang , kurikulum selalu di perbaharui setiap 10 tahun sekali. Ini dimaksudkan untuk merubah pola mengajar seiring dengan perkembangan jaman yang ada. Sementara yang kita ketahui di Indonesia, kurikulumnya masih tidak teratur. Dalam artian dalam faktanya, pemerintah selalu mengubah-ngubah pola kurikulum di Indonesia tanpa alasan yang jelas. Ini sangat membingungkan siswanya sendiri. (Pengalaman admin yang menggunakan 2 kurikulum dalam 1 sekolah haha).

Itu lah sebagian kecil kehebatan sekolah - sekolah di Jepang. Gimana gan/sist? tertarik ke Jepang? 



Sumber Artikel
Google Gambar
Grogol.us
Benkyoukaihimabajaupi
Noren-Id

Masukin email kamu buat dapetin berita artikel terbaru dari blog ini!

44 Responses to "Kehebatan Sekolah - Sekolah di Jepang!"

  1. Kebanyakan anak sekolah di jepang juga seksi-seksi bro. Lupa ente point yang itu :D
    Nice Post btw (y)

    ReplyDelete
  2. Wahh nice infonya gan (y),
    Hebat jepang (y)
    Liburnya panjang amat :v

    ReplyDelete
  3. andai sekolah diIndonesia bisa kayak diJepang :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh proses yang panjang buat itu gan haha

      Delete
  4. hebat nih jepang :3 liburanya :v :v

    ReplyDelete
  5. Pengeeen banget gan, saya sekolah diluar negeri.. impian banget haha
    Tapi kalo saya lebih tertarrik sekolah di UK deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah UK :D pasti banyak bule bule gan haha

      Delete
  6. Beda jauh dengan Indonesia transportasi nya

    ReplyDelete
  7. lah indonesia ganti2 kurikulum mulu, ktsp-k13-k13revisi hadeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pemerintah segera menyadarinya ya gan .. haha

      Delete
  8. kata dosen saya kurikulu di sana lebih santai daripada di indonesia tapi emang cerdas cerdas, ya mudah mudahan indonesia bisa lebih maju lagi pendidikannya ;)

    ReplyDelete
  9. di jepang rapih rapih sekolahannya dan juga dari seragmnya bagus bagus. itulah bedanya sekolah indonesia dengan jepang

    ReplyDelete
  10. Kalau di negara kita di terapkan kurikulum sama seperti negara jepang, mungkin semua anak-anak bangsa akan cerdas-cerdas semua.

    ReplyDelete
  11. coba di indonesia seperti ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa mengalahkan Jepang ya gan ..

      Delete
  12. waaah bikin jelous. disana serba tertata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita juga pasti bisa kalau kita mau berusaha gan!

      Delete
  13. betul klau di indonesia kya di jepang gni mah betah di sekolah

    ReplyDelete
  14. Jadi kepengen ke jepang nih....

    ReplyDelete
  15. kalau soal libur, masih hebat indonesia :p

    ReplyDelete
  16. Itulah yang saya suka dari Negara jepang, tapi tak menghilangkan ke sukaanku dari Negara sendiri, Indonesia. :)

    Salam,
    Nur Kholis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar gan. Walaupun kagum dengan negara lain, kita harus tetap punya rasa nasionalisme !

      Delete
  17. Suatu Saat Semoga Bisa Masuk Campusnya, Sangat Pengen

    ReplyDelete
  18. Bisa nggk ya indonesia seperti di jepang ini

    ReplyDelete
  19. itulah jepang. negara kecil yang sangat maju dengan sistemnya...

    ReplyDelete
  20. Sekarang pakaian sekolah di jepang nggk kayak gambar diatas gan. Lebih feminim lagi

    ReplyDelete

=> Berkomentarlah dengan Bijak.
=> Tidak diperkenankan menaruh link berbau pornografi, malware, atau yg lainnya.
=> Tidak boleh SARA ( Menyangkut masalah suku, ras, agama).
=> Tidak boleh berkata kasar.